Tuesday, February 16, 2016

Dahsyatnya Ibadah Haji



Setiap muslim pasti ingin punya kesempatan melakukan perjalanan religi ke Makkah dan Madinah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima. Jika kesempatan itu telah ada di dalam genggaman, langkah berikutnya adalah berusaha sebaik-baiknya agar menjadi haji dan hajah yang mabrur, ibadahnya diterima oleh Allah SWT. Caranya, selain mengikuti latihan manasik yang diadakan oleh KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) yang telah terdaftar di Kementerian Agama, tak ada salahnya memperkaya pengetahuan lewat pengalaman orang lain.
Buku ini menceritakan pengalaman sang penulis selama menjalankan ibadah haji pada tahun 2006. Gaya bertuturnya sederhana dan ringan, sehingga mudah dipahami. Banyak penjelasan cukup detil mengenai hal-hal kecil yang mungkin saja tidak terpikirkan.
Hal yang dianggap sepele terkadang berubah menjadi hal besar kalau tidak tertangani dengan baik. Bapak Abdul Cholik berbaik hati membantu kita memberikan informasinya melalui buku ini. Misalnya, bagaimana menyiapkan koper yang akan dibawa agar mudah dikenali dan tidak gampang tertukar dengan koper jamaah lain yang bentuknya seragam. Bagaimana cara paling mudah untuk mengingat-ingat jumlah putaran saat melakukan tawaf.  Bahkan, disajikan pula tips saat membeli oleh-oleh, atau tips saat antri di toilet.
Sesuai dengan sub judulnya, buku ini lebih banyak menceritakan tentang catatan perjalanan sang penulis. Jadi, penjelasan mendalam mengenai tata cara ibadah haji, beserta doa-doa lengkapnya tidak akan kita temukan. Tetapi, buku ini sudah sangat membantu memberikan gambaran besarnya. Orang yang akan menjalankan ibadah umrah pun dapat belajar dari pengalaman haji sang penulis ini.

Satu hal yang agak disayangkan, pada halaman 129 dan 137, tampak ada kalimat yang terpenggal dan tidak terselesaikan. Mungkin hal itu terjadi karena ada kesalahan cetak. Selebihnya, buku ini layak dijadikan bahan bacaan sebagai upaya mempersiapkan diri melakukan ritual ibadah suci umat Islam. 

Halaman 139. Tulisan di atas gambar terpenggal, tidak ada kelanjutan kalimatnya.

Judul : Dahsyatnya Ibadah Haji (Catatan Perjalanan Ibadah di Makkah dan Madinah)
Penulis : Abdul Cholik
Penerbit : P.T.  Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2014

No comments:

Post a Comment